Jumat, Mei 08, 2009

Install Ulang Windows XP

Bagi Anda yang komputernya sering kena virus, atau selalu hang atau bermasalah... Jangan cemas lagi.. Kini Anda dapat menginstal ulang sendiri... Simak terus!

Pertama-tama pinjam dulu CD Windows XP kepada teman Anda, jika Anda juga punya silahkan pakai CD Anda... Tentunya harus CD Asli.

Kemudian nyalakan komputer Anda... lihat perintah pada PC! Apakah tombol yang harus ditekan untuk masuk menu setting... Umumnya menekan tombol DEL pada keyboard.
Dan pada laptop umumnya menekan tombol F2. Lakukan ketika Komputer atau laptop Anda baru benar-benar nyala.

Setting pengaturan Boot First pada Bios dengan setelan CD Rom adalah posisi pertama. Biasanya pada tab Boot / Advanced Setting / lainnya. tergantung versi dari Bios Anda. Dan umumnya setelah default adalah Hard Disk pertama, CD Rom Kedua, dan Floppy drive ketiga. Ubah menjadi CD Rom pertama, Hard Disk Drive kedua.

Setelah itu Exit dan saving... setelan Bios Anda.

Masukkan CD Windows XP installer kedalam CD Rom.. dan tekan enter bila ada perintah boot from CD.

Ikuti proses instalasi dengan memperhatikan menu tombol yang harus ditekan dari bawah layar biru yang ditampilkan. dan ikuti terus petunjuknya.. Untuk format instalan pilih NTFS agar akses lebih cepat dan lebih aman.

Ok. Sekarang windows telah diformat dan akan melakukan restart yang pertama... tunggu saja atau Anda bisa mengembalikan dulu setingan Bios keposisi semula yaitu Hard Disk sebagai akses boot yang pertama.

Anda hanya perlu menunggu dan mengisi kjendela yang muncul apabila meminta keterangan dari Anda. Isi saja... atau klik Next untuk melewati jika Anda kurang paham. Kemudian jika meminta serial number, ketik serial number yang diberikan CD Windows.

Selesai! sekarang Windows Anda sudah dari pertama lagi.. silahkan diinstal yang lainnya...

Selamat mencoba...

Ditulis oleh Ikhsan Gunawan

Tidak ada komentar: